GLOBAL TANGSEL -- Mengkonsumsi tiga buah kiwi sehari bisa mengurangi tekanan darah tinggi, demikian menurut studi yang diumumkan dalam pertemuan tahunan
American Heart Association di Orlando, Amerika Serikat, baru-baru ini.
Meskipun kecil, buah kiwi ternyata mengandung banyak nutrisi dalam daging buahnya. Kiwi kaya akan lutein dan anti oksidan, kandungan anti oksidan tersebut yang dianggap bisa menurunkan tingkat tekanan darah.
Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Mette Svendsen dari Rumah Sakit Universitas Oslo, Norwegia, dengan melibatkan 50 pria dan 68 wanita dengan usia rata-rata 55 tahun yang secara acak ditugaskan untuk memakan tiga buah kiwi atau satu buah apel sehari selama delapan minggu.
Para relawan memiliki ingkat tekanan darah agak tinggi dari 128/85 ketika penelitian dimulai. Tekanan darah yang ideal adalah 120/80.
Dari hasil penelitian tersebut, orang yang menderita tekanan darah tinggi dan memakan tiga buah kiwi sehari selama delapan minggu memiliki tingkat tekanan darah diastolik 3,6 mmHg lebih rendah daripada orang yang mengkonsumsi satu apel setiap hari, seperti dikutip
Global dari
Medline Plus, Jumat (25/11/2011).
Dr. Suzanne Steinbaum, kardiolog dari Lenox Hill Hospital, New York, mengatakan bahwa menambahkan buah kiwi dalam menu diet bisa membantu untuk mengurangi tingkat tekanan darah tinggi.
Sementara itu, Dr. Elliott M. Antman, profesor di Harvard Medical School, Boston, mengatakan bahwa mengkonsumsi kiwi bukanlah jawaban lengkap untuk tekanan darah tinggi, namun tetap mengkonsumsi obat dan berkonsultasi dengan dokter.(GT)