Awas! Suplemen Kalsium Meningkatkan Resiko Serangan Jantung
Sabtu , 26 Mei 2012 - 21:37 WIB - Dibaca 447 kali

Ilustrasi
GLOBAL TANGSEL -- Hasil studi menunjukkan bahwa suplemen kalsium meningkatkan resiko serangan jantung. Penelitian baru tersebut bertentangan dengan kepercayaan masyarakat selama ini bahwa dengan mengkonsumsi kalsium tambahan dapat mencegah serangan jantung atau stroke.
Penemuan tersebut berdasarkan pada studi tentang kalsium yang melibatkan 23.980 pria dan wanita berumur 35-64 tahun di Heidelberg, Jerman. Mereka bergabung dalam kelompok lokal European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) pada tahun 1994-1998.
Para peneliti memeriksa kesehatan para peserta setelah 11 tahun, di mana 354 dari mereka terkena serangan jantung, 260 terkena stroke dan 267 di antaranya meninggal. Peneliti juga melacak berapa banyak kalsium yang mereka konsumsi dari berbagai sumber.
Mereka menemukan bahwa orang yang menggunakan suplemen kalsium secara teratur mempunyai resiko 86% terkena serangan jantung dibanding mereka yang tidak menggunakan.
Mereka yang menggunakan suplemen kalsium secara eksklusif mempunyai resiko 2,7 kali terkena serangan jantung dibanding yang tidak menggunakan suplemen, seperti yang disebut dalam hasil penelitian dan diumumkan dalam jurnal medis jantung.
"Penelitian ini menunjukkan bahwa mungkin ada peningkatan risiko terkena serangan jantung bagi orang yang mengonsumsi suplemen kalsium. Namun, ini tidak berarti bahwa suplemen ini menyebabkan serangan jantung," ucap Natasha Stewart, seorang perawat jantung senior British Heart Foundation (BHF), seperti dikutip dari Guardian, Sabtu (26/5/2012).
Lebih lanjut Stewart mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut saat ini diperlukan untuk mengetahui apakah potensi resiko dari suplemen lebih besar daripada manfaatnya bagi kondisi kekurangan kalsium seperti osteoporosis.(Agn)
Penemuan tersebut berdasarkan pada studi tentang kalsium yang melibatkan 23.980 pria dan wanita berumur 35-64 tahun di Heidelberg, Jerman. Mereka bergabung dalam kelompok lokal European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) pada tahun 1994-1998.
Para peneliti memeriksa kesehatan para peserta setelah 11 tahun, di mana 354 dari mereka terkena serangan jantung, 260 terkena stroke dan 267 di antaranya meninggal. Peneliti juga melacak berapa banyak kalsium yang mereka konsumsi dari berbagai sumber.
Mereka menemukan bahwa orang yang menggunakan suplemen kalsium secara teratur mempunyai resiko 86% terkena serangan jantung dibanding mereka yang tidak menggunakan.
Mereka yang menggunakan suplemen kalsium secara eksklusif mempunyai resiko 2,7 kali terkena serangan jantung dibanding yang tidak menggunakan suplemen, seperti yang disebut dalam hasil penelitian dan diumumkan dalam jurnal medis jantung.
"Penelitian ini menunjukkan bahwa mungkin ada peningkatan risiko terkena serangan jantung bagi orang yang mengonsumsi suplemen kalsium. Namun, ini tidak berarti bahwa suplemen ini menyebabkan serangan jantung," ucap Natasha Stewart, seorang perawat jantung senior British Heart Foundation (BHF), seperti dikutip dari Guardian, Sabtu (26/5/2012).
Lebih lanjut Stewart mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut saat ini diperlukan untuk mengetahui apakah potensi resiko dari suplemen lebih besar daripada manfaatnya bagi kondisi kekurangan kalsium seperti osteoporosis.(Agn)
Topik :
suplemen, kalsium, serangan jantung, stroke, efek samping suplemen
Baca Juga
Komentar
Berita Terkini
“
KENALILAH CINTA YANG SEMESTINYA Boleh saja mencintai sesuatu yang menjadi bagian dari kehidupan dunia, entah itu istri, anak, teman ataupun harta benda dan perbendaharaan dunia lainnya. Tapi jangan sampai kecintaan itu membutakan hati dari mengenal Allah.. ingatlah, gejala Awal dari lalai adalah: cinta. Setelah cinta yang melalaikan itu semakin tak terkendali, dan meningkat menjadi dosa kecil, tanpa kita sadari kita beranjak ke dosa besar. Dan apabila cinta sudah berbuah dosa besar, terasa sulit untuk menghilangkannya dari dalam jiwa.. Apabila cinta sudah berbuah menjadi dosa besar, maka engkau sadar bahwa engkau sudah melakukan kesalahan besar, tapi engkau seakan tiada mampu untuk meninggalkannya.. terlebih, apabila manisnya dosa sudah menjadi kebutuhan, sehari saja kau tak bersamanya, membuat hatimu ingin mencarinya.. Ingatlah apabila engkau ingin sembuh darinya, maka berusahalah engkau untuk mengembalikan cinta pada yang semestinya, yaitu: cinta kepada Allah Ta'ala, yang dengan itu engkau akan rela untuk meninggalkan dunia dan seisinya untuk mendapatkan cinta-Nya. Sehingga dengan itu engkau akan disibukkan bersama-Nya dan sedikit demi sedikit engkau akan merasakan cinta-Nya, dan sedikit demi sedikit pula engkau akan melupakan cinta dunia yang binasa. (dbs) ”
Ustad. Samson Rahman, Lc, MA

Informasi Pemasangan Iklan
Untuk pemasangan iklan hubungi 085219602006 atau iklan[at]globaltangsel.com 


